15 Feb 2012

Home » » Prospek Lulusan Ilmu Perpustakaan

Prospek Lulusan Ilmu Perpustakaan

Apa itu Ilmu Perpustakaan dan Informasi?
Saat mendengar ilmu perpustakaan pasti dalam pikiran kita terbayang sebuah ruangan berisi penuh buku dan sepi. Tapi bayangan itu pasti akan berubah ketika kita tahu apa saja yang kita pelajari disini.
Materi yang dipelajari di Ilmu Perpustakaan adalah ilmu interdisipliner dari ilmu manajemen, teknologi informasi, komunikasi, metadata, pendidikan dan ilmu-ilmu lain yang berhubungan dengan penataan koleksi, peng-organisasian, pelestarian, dan penyebarluasan sumber informasi.
Jadi mata kuliah yang kita pelajari nggak monoton dan selalu up-to-date dengan perkembangan zaman sesuai dengan teknologi informasi terkini.
Prospek Lulusan
Jadi lulusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi nggak usah takut nganggur. Jangankan nganggur, belum lulus saja sudah banyak tawaran untuk kerja disana-sini. Makanya nggak heran ada beberapa mahasiswa ilmu perpustakaan yang keasyikan kerja sampe lupa skripsi.
Banyak sekali bidang-bidang keahlian yang nantinya akan kita kuasai ketika lulus dari jurusan ini. Maka dari itu prospek kerja lulusan Jurusan ini sangat beragam dan banyak dibutuhkan di instansi pemerintah, swasta tingkat nasional dan internasional, dan jika kemampuan bahasa asing cukup baik, bisa mendapat kesempatan untuk bekerja di perusahaan asing dalam negeri maupun luar negeri.
Jadi PNS-pun juga oke banget, karena lulusan jurusan ilmu perpustakaan adalah salah satu lulusan yang paling dimanja di instansi pemerintah, selain mendapat kemungkinan untuk disekolahkan kembali (S2 di dalam atau luar negeri), pustakawan mendapat intensif tunjangan kelangkaan profesi loh.
Keuntungan Jadi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Banyak banget keuntungannya terutama buat mahasiswa yang ingin kerja part-time atau magang, banyak sekali permintaan magang atau part time di perpustakaan dan unit kearsipan di instansi pemerintah atau perusahaan. Jadi selain kita mencari ilmu kita bisa sekalian nyambi mencari uang.
Untuk yang doyan organisasi. Kita juga punya himpunan mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan dan informasi yang bernama IMASIP UI yang merupakan singkatan dari Ikatan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Belum lagi kegiatan-kegiatan badan otonom dan badan semi otonom yang seperti ekstrakulikuler di sekolah yang berjumlah belasan di Fakultas Ilmu Budaya. Mulai dari kegiatan olahraga, bermusik, teater, seni daerah seperti alat musik tradisional, batik dll, juga fotografi dan kegiatan kegamaan menurut kepercayaan masing-masing. Juga buat kamu yang ingin jadi mahasiswa eksekutif dan legistlatif, di FIB UI ada BEM dan DPM FIB UI. Itu baru di tingkat FIB saja, belum lagi organisasi tingkat UI yang segedubrak bikin kamu betah jadi mahasiswa UI.
Nah, jadi buat kamu yang masih bingung buat milih jurusan? Jurusan ini sangat direkomendasikan banget buat kamu yang ingin pilih jurusan buat kuliah nanti.

Sumber : http://ilmuperpus.wordpress.com
Share this article :

+ komentar + 4 komentar

7 Januari 2014 pukul 05.26

Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat, jadi pengen milih jurusan ilmu perpustakaan :)

Terimakasih Aldi Rahman atas Komentarnya di Prospek Lulusan Ilmu Perpustakaan
18 Maret 2014 pukul 18.42

asek benr nih, jadi semangat buat milih jurusan ini

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Prospek Lulusan Ilmu Perpustakaan
15 Juli 2014 pukul 00.25

PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN (S1)
Tujuan

Menghasilkan tenaga ahli penuh perpustakaan, dokumentasi dan informasi muslim yang :

Mempunyai sikap profesional, trampil, mandiri, bermutu tinggi, berakhlak mulia, berkepribadian Indonesia sesuai dengan Islam.
Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan, metodologi di bidang ilmu perpustakaan dan informasi sehingga mampu menemukan, memahami menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ilmu perpustakaan.
Menguasai konsep-konsep teknologi informasi di bidang ilmu pengetahuan sejalan dengan pengembangan ilmu & teknologi, khususnya teknologi komputer.
Mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan perpustakaan digital.
Mampu. membuat disain dan pemrograman web.
Mampu mengembangkan software perpustakaan opensource seperti SLIMS.
Mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan ketrampilan di bidang ilmu perpustakaan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya ilmu komputer




Menerima calon mahasiswa dari SMA, Diploma, dan S-1 Bidang Lain

Waktu perkuliahan: Senin s.d. Sabtu, jam 08.00 WIB – selesai
silahkan kunjungi kami di:
http://fti.yarsi.ac.id/program-studi-ilmu-perpustakaan-s1/

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Prospek Lulusan Ilmu Perpustakaan
8 September 2014 pukul 17.17

LOWONGAN

Sebuah Lembaga Pendidikan yang berpengalaman dan terakreditasi A,
di Jakarta pusat, membutuhkan tenaga Pustakawan, dengan persyaratan sbb

1. S1 , berlatar belakang ilmu perpustakaan
2. Pria
3. Usia antara 22 – 32 tahun
4. Lebih diutamakan, apabila telah berdomisili di Jakarta.


Hub :
Segera kirim CV ke email :
hrd_shs@yahoo.co.id

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Prospek Lulusan Ilmu Perpustakaan

Posting Komentar