4 Apr 2012

Home » » Video Tutorial Instalasi SLiMS ( XAMPP )

Video Tutorial Instalasi SLiMS ( XAMPP )

Banyaknya SDM calon Tenaga Pustakawan memerlukan software yang tidak asing di telinga calon Pustakawan ( Mahasiswa ) maupun Pustakawan sendiri. Pustakawan di era modern ini diharapkan dan didesak agar bisa menguasai ilmu Teknologi, pasti kalian tau sendiri, kalau pustakawan sangat berhubungan erat dengan media Teknologi dan hal itu tak kan lepas dari kegiatan Pustakwan.
Dari banyaknya komentar dan himbauan yang masuk di Facebook saya dan juga forum kami, akhirnya saya putuskan untuk membuat sebuah Video tutorial lengkap cara Instalasi SLiMS menggunkan software XAMPP.

Disini saya jelaskan terlebih dahulu apa itu XAMPP .

XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQLdatabase, dan penerjemahbahasa yang ditulis dengan bahasapemrogramanPHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Dan anda bisa mendownlod program ini di http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html

Yang kedua Program yang harus anda unduh yaitu Notepad C++
bisa anda download di
http://download.tuxfamily.org/notepadplus/6.0/npp.6.0.Installer.exe

Untuk yang ketiga anda harus mendownload Program Master SLiMS Version Meranti , bisa anda unduh di http://www.mediafire.com/?b7pif2v45b062ah atau
di https://github.com/slims/slims5_meranti


Perangkat diatas adalah kelengkapan Sistem Otomasi Perpustakaan, dan wajib anda download .

** Bagi kalian yang belum bisa cara melakukan instalasi kami bagikan Tutorial Video lengkap dari A - Selesai.
Silahkan Download, ukuran Video Resolusi Tinggi, jadi sarankan untuk datang ke warnet atau ke tempat yang koneksi internetnya cepat.
Atau anda bisa menggunakan Tutorial Step by Step (Versi Picture)
http://pacitan-lib.blogspot.com/2012/04/mencoba-install-slims-5-meranti-di.html

Download Video Tutorial Part 1
29.8 MB
Download Video Tutorial Part 2 72.4 MB

Silahkan dicoba dan dipelajari sendiri yach ... ? jangan lupa kasih Koment untuk postingan ini, semoga bermanfaat Jayalaah Pustakawan Indonesia.!!!

Video Tutorial dan Posting By Rendra Sang Pembolang
Share this article :

Posting Komentar